Skip to main content

Ini rencana gue JULI 2013!!

Hari ini semua berjalan tidak sesuai rencana, serba tidak jelas, tapi entah kenapa sore tadi waktu kuliah matprog kepikiran lagi rencana untuk  backpacker keliling lombok, akhirnya gue memutuskan untuk mencoba menseriuskan rencana itu, mulai dari menyusun apa saja yang diperlukan untuk backpacker, seperti rute perjalanan, estimasi biaya perjalanan minimum (maklum mahasiswa :p ), tempat-tempat yang akan dikunjungi, estimasi waktu perjalanan, dan menentukan kapan waktu untuk menjalankan rencana ini. Dan akhirnya sehabis kuliah gue langsung pulang dan mulai buka laptop untuk browsing untuk mencai tahu informasi tentang Lombok. Akhirnya setelah sekitar 3 jam lebih gue browsing, gue berhasil merumuskan rencana dan seua estimasi dengan berpedoman dari para backpacker yang sudah lebih dahulu menjajah Lombok.

Oke, ini dia hasil dari rencana yang aku buat.
ü  Perjalanan menuju Lombok (biaya dan kendaraannya)
Kalo berangkat dari jakarta :
o   Jakarta-Yogyakarta : naik kereta api ekonomi turun di stasiun lempuyangan sekitar Rp40.000,-
o   Yogyakarta – banyuwangi : naik kereta api ekonomi lagi sekitar Rp40.000,-
o   Stasiun banyuwangi- ketapang : jalan kaki Rp0,-
o   Ketapang-gilimanuk : Beli tiket kapal laut sekitar Rp. 7000 (data 1 tahun yang lalu, ya kalau sekarang gue anggap Rp10.000,-)
o   Gilimanuk- Padang Bai :  Naik bus Kurang lebih Rp. 45.000
o   Padang bai - Lembar : Naik kapal ferry sekitar Rp. 31000 (data 1 tahun lalu, ya kalau sekarang gue anggap sekitar Rp40.000,-)
o   Lembar - bertais : Naik angkutan umum L300 warna putih dengan harga Rp. 10000
Jadi kalau dikalkulasikan dari jakarta ke Bertais sekitar kurang lebih Rp185.000,- ya dibulatkan jadi Rp200.000,- ( buat jaga-jaga kalau ternyata harga tiket naik atau ada hal-hal tak terduga) berarti kalau PP menjadi Rp400.000,-.

Gue estimasiin perjalanan dari jakarta-Lombok (PP) itu selama 7 hari, ya sambil mampir-mapir lah, dan untuk makan gue estimasiin Rp50.000,- x 7 hari = Rp350.000,-. Jadi kalau ditotal selama perjalan (PP) habis skitar Rp750.000,-
Nah, dari bertais ini baru gue mau mulai petualangan gue, dan gue sangat yakin gue nggak bakal sendirian, yang sampai malam ini udah pasti ikut ada gege dan amar, kita bertiga (dan mungkin nambah personil lagi) akan mencari pengalaman baru, berpetualang mencari kebijakanaan dan kesenangan hidup, menikmati indahnya ciptaan Tuhan yang begitu kaya dan begitu menyejukkan mata,hehehe...

ü  Keliling Lombok
Dari hasil browsing yang gue dapet, banyak sekali tempat yang sangat indah dan wajib dikunjungi, tapi karena gue mikir akan keterbatasan ketahanan fisik, biaya, dan waktu, akhirnya gue memutuskan membuat rute perjalanan keliling lombok seperti berikut ini :
Sesampainya di bertais kita bakal mencari penginapan buat istirahat dulu, setelah itu hari berikutnya langsung kita mulai petualangannya dengan mengunjungi Lingsar dan Narmada, rencananya gue bakal nyewa motor untuk mengelilingi Nermada ( karena itu lebih efektif menurut beberapa sumber), setelah itu kita bakal balik ke bertais buat bermalam semalam lagi, atau kalai nggak kita langsung menuju ke cakranegara untuk menginap disana. Hari ke-3 dilombok gue berencana mengelili mataram, dari cakranegara, mataram dan sekitarnya, setelah itu sore kita berangkat ke pantai senggiri untuk menikmati sunset disana dan sekaligus bermalam disana untuk beristirahat. Hari ke-4 gue berencana ke 3 Gili, yaitru gili Air, gili Meno, dan Gili Trawangan, dan bermalam di gili trawangan, hari ke-5 gue bakal muter-muter menikmati indahnya gili trawangan, karena menurut mereka gili trawangan mempunyai alam yang sangat indah, dan malamnya kita bakal mengunjungi pasar yang disebut sentral. Setelah itu hari ke-6 gue berencana untuk Tanjung Aan (kuta) dan bermalam lagi disana. Hari ke-7 sebenarnya gue mau mencoba mendaki kegunung rinjai tapi dipikir-pikir lagi kayaknya nggak mungkin, fisik nggak akan kuat, ya udah, gue putuskan berencana pulang. Menuju pelabuhan Lembar lagi. Ya, itu rencana gue selama satu minggu  di pulau eksotik itu. Ya, sangat mungkin rencana ini berubah, kita lihat saj keadaannya ntar gimana.

Dan ini estimasi biaya selama di Lombok :
ü  Biaya penginapan        :           Rp100.000,- x 6 malam           = Rp600.000,-
ü  Biaya makan               :           Rp50.000,- x 7 hari                 = Rp350.000,-
ü  Biaya transportasi       :
o   Hari pertama   : Lembar – bertais sudah dihitung diatas
o   Hari kedua      : Bertais- cakranegara-Narmada (PP) : Rp25.000,-
  Nyewa Motor (keliling Nermada)     : Rp50.000,-
o   Hari ketiga      : Keliling Mataram dan sekitarnya      : Rp50.000,-
o   Hari keempat   : mataram – senggiri                            : Rp10.000,-
o   Hari kelima      : senggiri - 3 gili                                  : Rp35.000,-
                          Nyewa sepeda                                   : Rp30.000,-
o   Hari keenam    : gili trawangan – Tanjung Aan           : Rp75.000,-
o   Hari ketujuh    : Tanjung Aan – Lembar                     : Rp70.000,-
ü  Tiket masuk semua obyek (kurang lebih)                               : Rp100.000,-
ü  Biaya jaga-jaga                                                                       : Rp200.000,-
ü  Beli oleh-oleh                                                                         : Rp200.000,-

Total biaya di Lombok                                                        : Rp1.795.000,-

Jadi untuk total seluruh dana perjalanan dari berangkat sampai rumah lagi sekitar :
Perjalanan+makan              : Rp800.000,-
Biaya di Lombok                  : Rp1.795.000,-
Total                                      : Rp2.595.000,-

Waaaw, besar juga ya, butuh dana  sekitar  2,6juta, ini udah digede-gedein, tapi siapa tahu banyak kejadian yang tidak terduga, bisa aja penginapan harga 100.000 bisa buat ber-empat,nyewa motor juga bisa buat berdua,jadi dana bisa dikurangi lagi,atau malah bertambah besar? hehe. Tapi paling tidak siap dana sekitar segitu dulu, buat jaga-jaga. Ya intinya semangat deh buat Nabung, masih ada  delapan bulan lagi dari sekarang.

Jadi, buat lu yang tertarik ikut rencana gue (khususnya buat Gege dan Amar) nabunglah dari sekarang, kapan lagi kita bisa keliling Lombok dan menikmati keindahannya?

ntar biar semangat gue kasih gambar-gambar tempat wisata lombok, sekarang udah ngantuk :p

-( Hidup ini adalah sebuah petualangan, jangan habiskan waktumu hanya dikandangmu saja. Keluarlah! Berpetualanglah! Dan nikmati keindahan Dunia! NOTHING IMPOSIBLE! )-

Depok, 20-11-2012, 00.09

1. Replies
    1. haha iyo, pokoknya jangan sampai minta orang tua sebelum berangkat :D

2. beneran yas??
    ayo aja, nabung ya yas,, :)
    hehehe

3. sepertinya keren bisa backpackeran :)

1. insya allah mau liq, kalo ada biaya dan waktu yg mendukung. juli kebentur sama PL kayanya

2. Ya semoga saja bisa ya ka,hehehe biar tambah rame :)

Popular posts from this blog

Betapa Welasnya Gusti Allah

Akhir-akhir ini saya merasa muak melihat twitter dan facebook yang kebanyakan membicarakan kasus korupsi yang disebut fitnah lah, konspirasi lah, ketahuan belangnya lah, dal lain sebagainya, banyak sekali pro kontra yang terjadi, Terlapas dari saya yang memang nggak suka sama sekali terhadap partai-partai politik yang sok suci  dan membela rakyat tapi akhir-akhirnya "ngadali" rakyat juga, yang sangat saya sayangkan adalah akhir-akhir ini semakin marak agama diperjualbelikan dan semakin marak nama Tuhan dijadikan alat jualan supaya dagangannya laku keras. Tapi dalam tulisan ini saya tidak akan membahas tentang brengseknya beberapa oknum yang jualan atas nama Agama dan Tuhan, tapi saya ingin lebih membahas betapa pemurahnya Tuhan terhadap makhluk-Nya yang paling brengsek dan paling keji sekalipun. Ide tulisan ini saya dapat ketika saya kembali membaca kitab ta'limul muta'alim yang sudah berdebu diatas lemari karena sok sibuknya saya sampai malas membacanya. setelah s

Ketua Angkatan Namanya

Jika kau pernah kuliah atau sekarang sedang kuliah, pasti kau tahu jabatan yang diberi nama “ketua angkatan” ini. memang sih jabatan ini tak setenar ketua BEM, Ketua DPM, atau Ketua lembaga lainnya. Jabatan ini hanya jabatan kultural yang tugas dan wewenangnya tidak tertulis dimanapun, tidak di AD/ART, Preambul, atau undang-undang IKM. akan tetapi jabatan ini akan sangat penting ketika sebuah angkatan mengadakan acara yang tidak punya panitia, atau ketika ada permasalahan yang terjadi. Jabatan yang tidak punya tugas dan wewenang secara tertulis ini menurut saya hanya sebatas abdi, kawulo yang bertugas melayani orang-orang diangkatannya. namanya juga jabatan kultural, ya nggak pernahlah disuruh ngasih sambutan atau tanda tangan seperti ketua lembaga. Tapi jika kita menengok tugas yang di emban oleh mereka yang tidak tertulis itu sangat berat (bagi yang mau mikir). Ya nggak berat gimana, ketua angkatan bertanggung jawab atas angkatannya, jika ada tugas angkatan dia, jika ada permasalah

Tuhan, akulah sang pendosa

Tuhan, dalam ku termenung, aku melihat cahaya tertutup mendung. Terbingkai kabut, dan terlihat tarian rintik hujan membasahi bumiMu yang kerontang.