Skip to main content

antara gelas dan cara meminumnya

  akhir-akhir ini, lebih tepatnya selama masa kuliah ini ada banyak hal baru yang aku alalmi dan banyak bertemu orang-orang yang diceritakan oleh Romo Kiayi dan para ustadz dulu waktu di pesantren, Dulu kiayiku pernah berkata "wong seng mung jukuk dalil mung seko qur'an hadist tanpo ngerti ngelmu tafsir, nahwu, lan sak panunggalane sek mbahas iku, ibarat koyo wong ngumbe seko galon tanpo gelas, langsung diglogok" artinya dalam bahasa indonesia kurang lebihnya begini : " orang yang cuma mengambil dalil dari Al Qur'an dan Hadits tanpa tahu ilmu tafsir, nahwu, shorof dan lain2 yang berhubungan dan menjadi pra syarat untuk para mufassir, ibarat orang yang minum air dari galon, langsung diminum, tanpa pakai gelas dulu."


maksud dari kata-kata itu yaitu kebanyakan orang sekarang itu islamnya secara instan, mereka hanya belajar kulitnya saja, berdalilkan atau berlandaskan dengan al Qur'an dan hadits saja, sebenernya gak ada yang salah sih ketika kita berlandaskan Al Qur'an dan hadits, malah itu yang dianjurkan, tapi yang sangat disayangkan, banyak yang hanya belajar terjemahannya saja tanpa tahu cara menerjemahkannya, tanpa tahu asbabun nuzul dan asbabul 'urutnya, tanpa tahu susunan kata-katanya, tanpa tahu ilmu tata bahasanya, padahal kita tahu bahwa Al Qur'an dan hadits itu bersifat universal bahasanya, dan sangat mengandung kiasan, juga sangat padat maknanya, lha kalau kita cuma melihat ayatnya atau hadistnya saja apalagi cuma terjemahannya saja apakah tidak takut adanya subjektivitas kita? yang lebih parah lagi kebanyakan dari kita sekarang malah cuma copy paste saja dari internet atau buku yang sumbernya belum jelas kebenarannya.

maka dari itu sangatlah penting kita belajar ilmu alat (nahwu, shorof, dll) untuk bisa lebih bijak menanggapi suatu hadits atau tafsiran hadits atau bahkan Ayat Al Qur'an. dan juga dalam belajar agama kita harus mempunyai guru yang sanadnya jelas, karena tanpa guru kita mudah sekali disesatkan oleh syetan atau logika kita sendiri, seperti yang di ungkapakan sayyidina "ali dalam salah satu syairnya di kitab alala, salah satu dari enam syarat hasilnya sebuah ilmu itu adalah adanya guru yang membimbing dan mengajari kita. Nah, guru yang jalas sanadnya itu yang bagaimana, guru yang jelas sanadnya itu maksudnya guru yang belajar dari guru ini, guru ini belajar dari guru itu, dan seterusnya sampai ke tabi'it tabi'in, tabi'in, shahabat, dan sampai bermuara pada Rosululloh SAW. itu maksudnya, jadi tidak hanya baca dari buku terjemahan atau dari internet saja tanpa tau yang menulis itu siapa dan membatasi logika-logika liar kita untuk menafsirkannya. sehingga ada yang mempertanggung jawabkan keabsahan 'ilmunya. malah-malah udah ngomong panjang lebar tentang sebuah ayat Al Qur'an atau Hadits,ketika ditanya, secara kajian nahwu shorof nya gimna? dengan polos dijawab ilmu nahwu itu apa?? sangat miris sekali rasanya, kita baca terjemahan tanpa ada guru dan tanpa tahu ilmu untuk menerjemahkannya. apalagi ilmu untuk menafsirkannya, padahal kita tahu satu kata dalam bahasa arab saja bisa menjadi banyak bentuk dan berbeda semua maknanya, jadi bagaimana kita mau mengartikan, batangan kalimatnya saja kita tidak tahu. sebuah taqlid buta harus milih-milih juga kali, yang ada gurunya, yang bisa dipertanggung jawbkan, bukan cuma mengutip saja,hahaha

Jadi yang bisa saya simpulkan dari kata-kata kiayi ku itu yaitu : ilmu nahwu,ilmu tafsir, ilmu shorof,dll itu ibarat gelasnya, dan Al Qur'an Hadits itu ibarat Galonnya, kalau kita mau minum dari Galon, maka kita menggunakan gelas supaya mudah, susahkan kalau minum langsung dari galon? hehehe dan guru ibarat yang menyediakan gelas dan menjamin gelas itu bersih. :)

Comments

  1. makasih ilmunya mas.. :)

    berkawan dengan saya ya, jangan lupa kunjungi dan follow blog saya http://kampungkaryakita.blogspot.com/. Saya sudah memfollow blog ini.. Sukses :)

    ReplyDelete
  2. maaf baru bisa ol,hehehe
    makasih buat @kampung karya dan @mine and me, kita sudah berkawan, sudah saya follow semua :)
    salam kenal...

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Betapa Welasnya Gusti Allah

Akhir-akhir ini saya merasa muak melihat twitter dan facebook yang kebanyakan membicarakan kasus korupsi yang disebut fitnah lah, konspirasi lah, ketahuan belangnya lah, dal lain sebagainya, banyak sekali pro kontra yang terjadi, Terlapas dari saya yang memang nggak suka sama sekali terhadap partai-partai politik yang sok suci  dan membela rakyat tapi akhir-akhirnya "ngadali" rakyat juga, yang sangat saya sayangkan adalah akhir-akhir ini semakin marak agama diperjualbelikan dan semakin marak nama Tuhan dijadikan alat jualan supaya dagangannya laku keras. Tapi dalam tulisan ini saya tidak akan membahas tentang brengseknya beberapa oknum yang jualan atas nama Agama dan Tuhan, tapi saya ingin lebih membahas betapa pemurahnya Tuhan terhadap makhluk-Nya yang paling brengsek dan paling keji sekalipun. Ide tulisan ini saya dapat ketika saya kembali membaca kitab ta'limul muta'alim yang sudah berdebu diatas lemari karena sok sibuknya saya sampai malas membacanya. setelah s

Ketua Angkatan Namanya

Jika kau pernah kuliah atau sekarang sedang kuliah, pasti kau tahu jabatan yang diberi nama “ketua angkatan” ini. memang sih jabatan ini tak setenar ketua BEM, Ketua DPM, atau Ketua lembaga lainnya. Jabatan ini hanya jabatan kultural yang tugas dan wewenangnya tidak tertulis dimanapun, tidak di AD/ART, Preambul, atau undang-undang IKM. akan tetapi jabatan ini akan sangat penting ketika sebuah angkatan mengadakan acara yang tidak punya panitia, atau ketika ada permasalahan yang terjadi. Jabatan yang tidak punya tugas dan wewenang secara tertulis ini menurut saya hanya sebatas abdi, kawulo yang bertugas melayani orang-orang diangkatannya. namanya juga jabatan kultural, ya nggak pernahlah disuruh ngasih sambutan atau tanda tangan seperti ketua lembaga. Tapi jika kita menengok tugas yang di emban oleh mereka yang tidak tertulis itu sangat berat (bagi yang mau mikir). Ya nggak berat gimana, ketua angkatan bertanggung jawab atas angkatannya, jika ada tugas angkatan dia, jika ada permasalah

Tuhan, akulah sang pendosa

Tuhan, dalam ku termenung, aku melihat cahaya tertutup mendung. Terbingkai kabut, dan terlihat tarian rintik hujan membasahi bumiMu yang kerontang.